Kamis, 01 Desember 2011

Pemasaran




Menurut William J. Stanton (1993:92) pasar dapat didefinisikan sebagai berikut :
“ Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya”.
Pengertian Pemasaran Menurut :
1.  Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
2. Stanton, pemasaran meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun potensial.
3. American Marketing Asociation, pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Pemasaran memiliki arti yang berbeda-beda dengan demikian dapat disimpulkan, pemasaran merupakan suatu proses kegiatan perpindahan barang/jasa 
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya dari produsen hingga konsumen meliputi kegiatan mempromosikan, mendistribusikan, melayani, dan menentukan harga sehingga konsumen merasa puas dengan tingkat keuntungan tertentu.
Dari bentuk kegiatannya jenis pasar dibagi menjadi 2 yaitu :
1.      Pasar Nyata adalah pasar yang dimana barang-barang di perjual belikan dapat di di beli secara langsung oleh konsumen. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
2.      Pasar Abstrak merupakan pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
1.      Pasar Tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
2.      Pasar Modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi
·         Pasar Lokal
·         Pasar Daerah
·         Pasar Nasional
·         Pasar Internasional
Konsep-konsep inti pemasaran meliputi :
·         Kebutuhan merupakan suatu keadaan dirasakanya ketadaan kepuasaan dasar tertentu dan sifat ada dan terletak dalam tubuh dan kondisi manusia.
·         Keinginan merupakan kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
·         Permintaan merupakan keinginan terhadap produk-produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membelinya.
·         Produk merupakan suatu yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
·         Nilai merupakan  konsumen terhadap kapasitas produk secara keseluruhan untuk memuaskan kebutuhannya.
·         Konsumen merupakan pemakai akhir, sedangkan pelanggan sering di artikan sama dengan pembeli yang bertindak sebagai agen bagi konsumen akhir.
MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan  pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.

Keadaan permintaan dan tugas pasar
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
1.      Permintaan negatif      : sebagian besar pasar tidak menyukai produk.
2.      Tidak ada permintaan : konsumen tidak tertarik terhadap produk yang ditawarkan.
3.      Permintaan terpendam : adanya hasrat yang kuat, namun tidak dapat dipuaskan oleh produk yang ada.
4.      Permintaan yang menurun : menurunnya permintaan terhadap produk.
5.      Permintaan yang tidak teratur : permintaan berubah-ubah menurut musim, hari.
6.      Permintaan penuh
7.      Permintaan yang berlebihan
8.      Permintaan yang tidak sehat
Falsafah  Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan  sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
Konsep dalam melakukan pemasaran :
   Konsep produksi : konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya. Manager yang berwawasan produksi, memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksi serta distribusi yang luas.§
   Konsep produk :  konsumen memilih produk yang menawarkan mutu dan inovatif. Manager memusatkan perhatiannya untuk membuat produk yang berkualitas.§
   Konsep penjualan : kalau konsumen dibiarkan saja, konsumen tidak akan membeli produk dalam jumlah besar. Manajer harus melakukan usaha penjualan dan promosi.§
   Konsep pemasaran : kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang di inginkan secara efektif dan efisien dari pesaingnya.§
BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang terdiri dari: produk, harga, distribusi, dan promosi yang  sering disebut sebagai konsep 4P, yaitu:
·         Produk (product) : Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagi pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
·         Harga (price) : Harga merupakan variabel yang dapat dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya suatu produk  oleh konsumen.
·         Saluran distribusi (place) Distribusi merupakan masalah lain yang akan dihadapi perusahaan pada saat produk selesai diproses.
·         Promosi (promotion) : Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.
Tujuan Sistem Pemasaran:
1.      Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.
2.      Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.
3.      Tingkat pilihan konsumen yang maksimum.
4.      Kualitas hidup konsumen yang maksimum.
Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran
Tujuan sistem pemasaran, memaksimumkan mutu hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersedian, dan harga pokok barang. Mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba fungsi dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading pengumpulan informasi pasar pendeketan serba lembaga. Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang. dll.  Pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba sistem menyangkut elemen – elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan lembaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar